03 July 2009

Browsing cepat menggunakan Opera Turbo

Tidak ingin ketinggalan dari browser kompetitor lain dalam hal kecepatan browsing, pihak browser Opera mengembangkan suatu fitur baru yang disebut dengan Opera Turbo yang memungkinkan pengguna browser Opera dapat browsing lebih cepat meskipun dengan koneksi internet yang lambat.

Kecepatan browsing yang dihasilkan Opera Turbo ini karena adanya teknologi kompresi data yang dapat mengurangi trafik data sampai 80%. Teknologi ini bekerja dengan cara melewatkan terlebih dahulu informasi/data yang direquest oleh pengguna Opera dari internet ke server Opera Turbo untuk dikompres datanya, setelah itu baru dikirimkan kepada pengguna Opera. Dengan adanya teknologi ini penggunaan bandwidth dan biaya internet otomatis juga akan berkurang.

Teknologi kompresi data yang dipakai pada Opera Turbo ini sebelumnya juga sudah dikembangkan dan digunakan pada Opera Mini, yaitu browser Opera untuk ponsel. Sedangkan untuk browser PC, fitur Opera Turbo ini dapat dijumpai pada Opera 10 beta 1 yang masih bersifat percobaan. Opera 10 beta 1 dapat digunakan secara langsung tanpa harus menguninstall browser Opera versi terdahulu (Opera 9.64) yang sudah terinstall di PC.

Untuk dapat browsing secara cepat menggunakan Opera Turbo maka fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu.

Klik kanan icon Opera Turbo dan pilih Configure Opera Turbo

Untuk penggunaannya, terdapat 2 pilihan setting Opera Turbo, yaitu :
* Automatic : Opera Turbo hanya akan aktif apabila browser mendeteksi koneksi internet sedang lambat. Pilihan ini cocok untuk koneksi internet yang tergolong cepat namun tidak stabil
* On : Opera Turbo akan selalu aktif pada koneksi internet yang sedang dipakai, dalam hal ini koneksi internet yang tergolong lambat

Fitur Opera Turbo yang sedang aktif ditunjukkan seperti pada gambar berikut. Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan kembali Opera Turbo sesuai dengan konfigurasi setting sebelumnya, dapat dilakukan dengan cara double click icon Opera Turbo tersebut.


Berikut ini merupakan perbandingan trafik data dan kecepatan loading (diukur menggunakan fitur stopwatch pada numion.com) yang diperoleh saat browsing menggunakan Opera Turbo, Opera 9.64 dan Firefox 3.0.8
1. Opera Turbo

2. Opera 9.64

3. Firefox 3.0.8


Catatan : Pengujian diatas hanya sebagai contoh perbandingan saja karena kemampuan serta waktu loading suatu browser dipengaruhi oleh banyak faktor.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

5 comments:

Saung Web said...

makasih infonya nih.. nice blog

cupanx said...

apakah bisa opera 9.64 di seting jadi turbo..

yos said...

@cupanx. Setau saya setting Opera Turbo cuma bisa dijumpai di Opera 10 beta 1. Klo pengen coba, Opera 10 beta 1 bisa diinstal/dijalankan bersamaan dengan Opera 9.64 kok.

Ayu Tri said...

lebih cepat mana dengan Google chrome??

yos said...

@ayu tri. menurut saya masih lebih cepat opera karena sebagian data yg direquest, spt image, dikompres dulu baru dikirimkan ke browser. hal lain yg mgkn jg mempengaruhi adalah penggunaan proxy server.

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory