02 February 2009

Transformator Center Tap (Trafo CT)

Seperti telah dibahas dalam artikelnya sebelumnya, bahwa terdapat 2 jenis transformator yang dapat digunakan untuk menurunkan tegangan AC dan salah satunya adalah trafo CT. Yang membedakan trafo CT ini dengan trafo biasa adalah adanya titik center tap yang bersifat sebagai ground pada lilitan sekunder trafo CT. Untuk lebih mudahnya, jika pada trafo biasa yang mempunyai spesifikasi tegangan primer 220VAC dan rasio lilitan 10:1 maka akan menghasilkan tegangan sekunder sebesar 22VAC pada kedua ujung lilitan sekundernya.

Bagaimana jika spesifikasi tersebut dipakai pada trafo CT?
Sebetulnya apakah center tap itu? Titik center tap adalah titik tengah lilitan sekunder pada trafo CT yang dihubungkan keluar lilitan dan bersifat sebagai sebagai ground. Jadi, semisal terdapat 10 lilitan kawat pada bagian sekundernya maka diantara lilitan ke-5 dan ke-6 dihubungkan pada sebuah kawat yang terhubung keluar lilitan.

Tegangan sekunder yang dihasilkan oleh trafo CT ini ada 2 macam, mempunyai amplitudo yang sama namun saling berlawanan fasa, masing2 sebesar 11VAC atau setengah dari tegangan sekunder pada trafo biasa seperti contoh diatas. Tegangan sekunder trafo CT ini diukur dari salah satu ujung lilitan terhadap titik center tap-nya.

Dalam perancangan sebuah power supply, jenis transformator step down yang dipakai biasanya berhubungan dengan penentuan jenis penyearah yang akan digunakan. Untuk jenis trafo biasa dibutuhkan penyearah jembatan dioda (dioda bridge) yang dapat dibuat dari 4 dioda. Sedangkan untuk jenis trafo CT hanya dibutuhkan penyearah dengan menggunakan 2 dioda saja. Artikel mengenai penyearah ini akan dibahas lain waktu.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

7 comments:

Anonymous said...

artikelnya bagus dan menambah wawasan saya akan trafo CT, tapi saya penasaran akan kelanjutan artikel mengenai Trafo CT tesebut,,,

yos said...

@anonim
terima kasih sudah berkunjung.
tapi, omong2, anda penasaran dengan pembahasan trafo CT ttg yg mana/apa ?

Anonymous said...

artikelnya keren, terima kasih

tapi mohon jelaskan tentang kenapa kok CT hanya butuh 2 dioda saja untuk penyearah?

sekali lagi terimakasih atas artikel ini

Anonymous said...

salam, saya hendak bertanya jika membuat rangkaian penyearah dan rangkaian filter (+kapasitor), adakah pengaruh sinyal keluaran yang dihasilkan jika transformator yang digunakan jenis CT atau bukan CT?

Terima kasih.

orang awam said...

apa maksudnya 5 ampere ct?
apa tiap tiap tegangan dapat mengeluarkan arus sebesar 5 ampere,,atau masing masing tegangan mengeluarkan arus 2,5 ampere????

muhammad luthfil said...

Thanks brow

Gianto Sibarani said...

wah keren artikelnya, ane jadi tau CT itu apaan ternyata butuh 2x lipat lilitan ya kalo pake CT

Visit blog ane jg ya gan
merangkaitulisan.blogspot.com

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory