08 February 2009

Uninstall tuntas menggunakan Revo Uninstaller

Sesuai dengan namanya, Revo Uninstaller adalah suatu software uninstaller alternatif yang dapat digunakan untuk menguninstall/menghapus software yang terpasang di komputer. Disebut alternatif karena biasanya pada software yg dipasang di komputer sudah mempunyai uninstaller sendiri. Namun, banyak uninstaller bawaan dari software ini yang mempunyai kekurangan karena tidak serta merta menghapus file2 yang diciptakan saat software tersebut kita pakai dan mungkin sudah tidak kita pergunakan lagi. File2 ini bisa berupa profile, config, backup, temp, dan registry key.

Revo Uninstaller ini bersifat freeware dimana versi terbarunya adalah versi 1.80 dan installernya berukuran 1MB yang dapat anda download disini. Selain sebagai uninstaller, pada Revo Uninstaller ini juga terdapat fitur Hunter Mode, Junk Files Cleaner, Windows Tools, Autorun Manager, Browsers Cleaner, MS Office Cleaner, Windows Cleaner, Evidence Remover dan Unrecoverable Delete.

Namun, pada kesempatan ini hanya akan dibahas fitur uninstaller-nya saja dimana terdapat 4 mode pilihan uninstall, yaitu :
  1. Built-in
  2. Uninstall dengan menggunakan mode ini hampir sama dengan menggunakan uninstaller bawaan software yg hendak diuninstall.
  3. Safe
  4. Sama dengan mode Built-in ditambah dengan pencarian registry key pada regedit yang diciptakan oleh software yg hendak diuninstall.
  5. Moderate
  6. Sama dengan mode Safe ditambah dengan pencarian file2 informasi pada harrddisk yang diciptakan oleh software yg hendak diuninstall.
  7. Advanced
  8. Sama dengan mode Moderate ditambah dengan pencarian seluruh file2 pada harrddisk yang diciptakan oleh software yg hendak diuninstall. Mode ini adalah yang terlama proses uninstall-nya.
Berikut ini adalah salah satu contoh proses uninstall menggunakan Revo Uninstaller dengan mode Advanced. Software yg akan diuninstall adalah w.bloggar, software untuk publishing dan editing blog.

Memilih mode uninstall

Proses uninstall dilakukan dengan menggunakan uninstaller bawaan software yang diuninstall

Setelah proses uninstall selesai kemudian dilanjutkan dengan melakukan proses pencarian file dan registry key yang dibuat oleh software saat software tersebut dipakai.

Pilihlah registry key yg dibuat oleh software yg sedang diuninstall untuk dihapus dan jangan hapus subkey registry ataupun registry key yg lain. Kemudian tekan Delete untuk menghapus setelah itu tekan tombol Next untuk melanjutkan.

Apabila terdapat file2 lain yang dibuat oleh software yg sedang diuninstall dan yakin untuk dihapus, pilih file2 tersebut kemudian tekan Delete. Pada contoh uninstal software w.bloggar ini tidak terdapat file2 yang diciptakan selama w.bloggar digunakan.




Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

5 comments:

ngo2 said...
This comment has been removed by the author.
wisnu said...

terima kasih penjelasannya.

ocol. said...

tutorial yang mantab....
makasih gan

yos said...

@ocol.
sama2 gan.
ditunggu kunjungan berikutnya :)

Juru Indra Download said...

thank atas penjelasannya sob....jd bertambah nih ilmunya

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory