13 February 2009

Pentingnya Firewall pada Komputer

Sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer atau internet sudah sepatutnya mempunyai firewall sebagai bagian dari sistem keamanan komputer itu sendiri. Firewall bisa diibaratkan seperti satpam yang menjaga keamanan rumah; membatasi org2 yg hendak berkunjung, mengetahui siapa saja yg keluar masuk rumah dan lain sebagainya yg menyangkut keamanan rumah tsb.

Dalam pengertiannya, firewall adalah suatu sistem, baik berupa software atau hardware, yang digunakan untuk mengamankan komputer dengan cara memonitor informasi yang keluar masuk komputer saat berada dalam jaringan komputer atau internet. Informasi2 yang dimonitor ini selanjutnya dapat ditolak ataupun dilanjutkan komunikasinya berdasarkan setting pada firewall itu sendiri.

Dalam contoh nyatanya, adanya firewall pada komputer dapat mencegah serangan hacker atau program berbahaya (worm, trojan dan virus) yang mencoba mengakses masuk ke komputer kita melalui jaringan komputer atau internet. Firewall juga bisa mencegah program berbahaya yg menyusup masuk pada program lain yang bertujuan untuk mengirimkan informasi yang ada pada komputer kita ke komputer lain yang berada dalam satu jaringan komputer atau internet.http://yosmedia.blogspot.com/2009/02/pentingnya-firewall-pada-komputer.html

Pada Windows XP dan Vista, sistem firewall ini sudah diintegrasikan ke dalam sistem operasi Windows. Namun, kebanyakan orang biasanya menambahkan firewall tambahan untuk lebih memperketat sistem keamanan komputer mereka. Salah satu firewall terbaik yang pernah saya jumpai dan saya pakai sekarang adalah COMODO Firewall. Selain bersifat gratis, kemampuannya juga sangat optimal sebagai sebuah sistem firewall.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

2 comments:

abror said...

iya tuh mas penting bgt...kmren aku pake zone alarm ,skrg pake comodo solanya kayaknya lebih kereen

pompiez said...

artikel mengenai optimasi penggunaan comodo firewall sedang di'godok'. ditunggu aja ya

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory