14 February 2009

Hari Valentine

Setiap tanggal 14 Februari, hampir sebagian besar orang di dunia merayakannya sebagai hari Valentine (Valentine's Day). Hari Valentine disimbolkan menjadi hari kasih sayang, dimana seseorang mengungkapkan perasaan kasih sayangnya kepada orang lain yang dicintainya. Perasaan kasih sayang ini biasanya diiringi dengan pemberian kartu Valentine, bunga mawar dan coklat

Sejarah awal munculnya hari Valentine ini juga tidak begitu jelas. Konon, hari Valentine ini dihubungkan dengan hari raya Santo Valentinus yang muncul pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis. Santo Valentinus sendiri mati sebagai martir di sebuah penjara. Pada hari yg sama (14 February), orang2 di Inggris dan Perancis juga mempercayainya sebagai hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kemudian pada era modern, tradisi hari Valentine ini dibawa orang2 dari Britania Raya ke Amerika Utara dan dirayakan sampai saat ini.

Terlepas dari sejarah dan artinya, perayaan hari Valentine ini menimbulkan pro dan kontra di negara kita. Sebagian ada yang merayakannya dan sebagian lain tidak setuju dengan hal itu. Hal ini kemungkinan dikarenakan pemikiran yang sempit yang menyatakan hari Valentine hanya untuk orang yang berpacaran saja dan juga pernyataan kasih sayang yang salah kaprah sehingga berakibat pada suatu konotasi yang negatif. Namun dari sudut pandang saya sendiri, perayaan hari Valentine sebagai pengungkapan rasa kasih sayang adalah hal yang baik.

image taken from http://shannonpatrick.com/Ungkapan kasih sayang tidak hanya terbatas pada pacar saja, layaknya cinta diartikan, melainkan sangat luas dan universal. Ungkapan kasih sayang ini juga tidak terbatas untuk dinyatakan pada hari Valentine saja melainkan setiap hari. Kita bisa mengungkapkannya pada orang tua kita, anak kita, pasangan kita, teman kita bahkan orang lain yang ada di sekitar kita.

Kasih sayang lebih indah dan berarti dibandingkan cinta, karena maknanya sangat tulus, lembut, murah hati dan sederhana. Saya percaya, jika ada kasih sayang diantara sesama, niscaya disana juga ada kedamaian.

Selamat Hari Valentine.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

0 comments:

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory