22 June 2009

Membersihkan Layar Monitor

Monitor, baik CRT maupun LCD, memancarkan suatu aliran listrik statis yang dapat menyebabkan debu dan partikel-partikel kecil lain yang seukuran menempel pada layar monitor. Akibatnya layar monitor akan sangat mudah menjadi kotor sehingga mengganggu tampilan pada layar monitor.

Merawat layar monitor agar tetap bersih sangat mudah dilakukan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan agar layar monitor tidak rusak saat membersihkannya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan layar monitor.

A. SEBELUM MEMBERSIHKAN
  1. Baca buku panduan (manual book) monitor
  2. Di dalam buku panduan monitor mungkin terdapat beberapa prosedur ataupun hal-hal yang harus dan tidak dilakukan saat membersihkan monitor. Oleh karena itu, bacalah terlebih dahulu buku panduan monitor Anda
  3. Matikan monitor komputer
  4. Untuk menghindari bahaya sengatan listrik dan kerusakan pada monitor, sebaiknya matikan terlebih dahulu monitor/laptop sebelum dibersihkan. Selain itu pula, saat monitor dalam keadaan mati/off, kotoran yang menempel pada layar monitor lebih mudah terlihat.
  5. Mempersiapkan alat dan cairan pembersih
  6. Alat yang baik yang dapat dipergunakan untuk membersihkan monitor adalah kain yang berserat halus, kain yang biasa dipergunakan untuk membersihkan kacamata dan bahan yang yang terbuat dari micro-fibre. Untuk monitor CRT, dapat dipergunakan cairan pembersih kaca. Sedangkan untuk monitor LCD biasanya dipergunakan cairan pembersih khusus (biasa dibundling dengan kain pembersihnya sekaligus) yang bisa didapatkan di toko-toko komputer.

    Catatan : Hindari cairan pembersih yang mengandung amoniak, alkohol, aseton, aseton, asam (acid), dan klorida karena akan menyebabkan layar LCD menjadi kuning.

B. SAAT MEMBERSIHKAN
  1. Untuk monitor CRT, ada baiknya untuk membersihkan bagian casing monitor terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian layar monitor.
  2. Bersihkan layar monitor dengan cara mengusapkan kain pembersih pada satu arah saja, misalnya dari bagian atas ke bagian bawah layar monitor.
  3. Jika menggunakan cairan pembersih maka tetes/semprot cairan pembersih tersebut ke kain pembersih terlebih dahulu baru kemudian bersihkan layar monitor. Jangan semprot cairan pembersih pada layar monitor secara langsung.
  4. Berikan perhatian pada bagian pinggir layar monitor karena biasanya debu dan kotoran dapat menumpuk pada daerah ini saat dibersihkan. Untuk monitor LCD, jangan tekan terlalu keras layar monitor karena dapat mengakibatkan kerusakan. Bersihkan/usapkan kain pembersih dengan halus secara berulang kali apabila menjumpai debu/kotoran yang sulit dibersihkan.

C. SETELAH MEMBERSIHKAN (PERAWATAN)
  1. Pastikan monitor, baik bagian casing maupun layar, dalam keadaan kering saat monitor akan dinyalakan.
  2. Gunakan pelindung layar monitor (screen protector)
  3. Dengan adanya pelindung layar monitor (screen protector) maka paling tidak debu-debu tidak akan langsung menempel pada layar monitor saat sedang digunakan. Selain juga dapat melindungi layar monitor dari goresan.
    Pada monitor LCD, screen protector ini biasanya terbuat dari bahan plastik khusus yang bersifat adhesive dan dapat menempel pada layar monitor.

    Untuk monitor CRT, pelindung layar juga dapat berfungsi untuk memfilter radiasi yang dihasilkan oleh monitor.

  4. Tutup monitor saat tidak digunakan
  5. Tutup monitor dipakai saat monitor (khususnya CRT) saat sedang tidak digunakan. Biasanya tutup monitor ini terbuat dari bahan plastik. Sesuaikan tutup monitor dengan ukuran monitor CRT. Pastikan juga adanya ventilasi/lubang angin pada penutup tersebut agar udara tetap bisa mengalir.



Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

3 comments:

suhadianto said...

bos numb hpx brp.,.,.,.,

yos said...

@suhadianto. ada apa nih kok nanya no hp segala? mo nyumbang pulsa ya?

UI UX Designers Delhi said...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory