23 April 2009

Tips untuk mengubah pergeseran baris suatu halaman menggunakan mousewheel

Untuk menggeser halaman dari suatu baris ke baris lain secara cepat pada browser Firefox, ada beberapa cara yg dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan mousewheel (roda mouse). Pada artikel ini, saya akan memberikan sedikit tips untuk mengubah lebar/jarak pergeseran baris suatu halaman menggunakan mousewheel pada browser Firefox .

Secara default, apabila mousewheel digerakkan/diputar satu kali maka baris halaman yang ditampilkan akan bergeser sejauh 3 baris dari baris sebelumnya, ke atas atau ke bawah tergantung pada putaran mousewheeel. Pergeseran sejauh 3 baris ini diasumsikan dari satu putaran mousewheel sebanding dengan pergeseran baris menggunakan 3 kali penekanan tombol kursor pada keyboard atau dengan menggunakan kombinasi penekanan ALT key dan mousewheel.

Dengan melakukan perubahan pada konfigurasi Firefox, lebar/jarak pergeseran baris menggunakan mousewheel ini dapat diatur sesuai keinginan kita.
  • Ketikkan about:config pada URL box Firefox kemudian tekan Enter pada keyboard
  • Ketikkan mousewheel.withnokey pada filter box preferences
  • Ubah nilai mousewheel.withnokey.sysnumlines menjadi false (default : true) dan ganti nilai mousewheel.withnokey.numlines sesuai keinginan (default : 6).
  • Pada Firefox 3.0.8 yang saya gunakan, perubahan dapat langsung dilihat tanpa harus merestart browser.
Pengaturan lebar/jarak pergeseran baris pada mousewheel ini sangat membantu apabila anda ingin membaca/mereview suatu halaman website dengan cepat menggunakan browser Firefox.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

0 comments:

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory