11 August 2008

Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen penting pada laptop. Baterai digunakan sebagai penyuplai tegangan saat laptop digunakan dalam kondisi mobile atau pun tidak terhubung dengan jala2 listrik (PLN). Tipe baterai pada laptop ada 2 jenis, NiMH dan LiON, namun dalam perkembangannya baterai jenis LiON lebih banyak dipakai.

Usia dan daya tahan baterai yg pendek merupakan salah satu permasalahan bagi pengguna laptop. Pemakaian laptop yg tidak baik dapat memperpendek usia baterai. Oleh karena itu diperlukan perawatan dan perhatian khusus agar baterai laptop dapat awet lebih lama.
  1. Saat membeli laptop baru, pastikan baterai telah terisi penuh (fully charged) terlebih dahulu sebelum menggunakan laptop tsb utk pertama kali.
  2. Simpan baterai di tempat yg kering dan sejuk apabila baterai/laptop tidak dipergunakan dalam jangka waktu yg lama.
  3. Bila anda mempunyai dana yg cukup, belilah baterai cadangan baru yg sesuai spesifikasi laptop anda. Pergunakan baterai utama dan baterai cadangan secara bergantian. Semakin jarang pemakaian sebuah baterai maka akan memperpanjang usia baterai tsb. Simpan baterai yg tidak dipakai pada ruangan dengan suhu 400C
  4. Jangan mempergunakan baterai saat laptop terhubung dengan jala listrik kecuali anda sedang melakukan pengisian baterai. Lepaskan baterai dari laptop apabila pengisian telah selesai dilakukan. Minimalkan penggunaan baterai apabila laptop dekat dengan jala2 listrik (PLN).
  5. Kalibrasikan baterai setelah 30x isi ulang. Proses kalibrasi baterai dpt dilakukan menggunakan program BatCal.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

0 comments:

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory