26 August 2008

Mengatur Antrian Startup Program

Saat Windows dijalankan, banyak startup program dan services yg harus diloading terlebih dahulu. Biasanya startup program ini berisi loader antivirus, firewall, messenger dan download manager yg kemudian ditampilkan pada taskbar. Jumlah startup program dan services pada Windows ini dapat anda lihat pada System Configuration Utility (msconfig). Semakin banyak startup program dan services yg diloading saat booting Windows maka akan memperlama waktu booting. Terlebih lagi karena startup program dan services ini diloading pada waktu yg bersamaan.

Apabila loading startup program ini diatur seperti sebuah antrian maka booting Windows dapat dilakukan lebih cepat. Selain itu pula dpt memperingan kerja CPU dan RAM serta menghindari terjadinya kegagalan loading salah satu startup program saat booting Windows. Untuk melakukan hal ini, anda dapat mempergunakan software StartupDelayer yg dpt anda download dari sini. Software ini bersifat freeware dan membutuhkan Microsoft .Net Framework agar dapat berjalan pada Windows. StartupDelayer ini mempunyai fasilitas, antara lain :
  • Pengaturan delay loading startup program awal dengan startup program berikutnya
  • Pengaturan tampilan loading spt minimize, maximize normal dan hidden
  • Pengaturan prioritas CPU startup program spt low, normal, high dan realtime


Berikut langkah2 yg dpt dilakukan utk mengatur antrian startup program :
  1. Import startup program Windows ke StartupDelayer (File > Import Startup Programs). Pilih startup program yg akan diatur oleh StartupDelayer. Sebaiknya buatlah backup startup program utk menghindari hal2 yg tdk diinginkan


  2. Test startup program pada StartupDelayer untuk memastikan bahwa program yg akan diloading pada saat startup sdh benar

  3. Atur waktu antrian, tampilan serta prioritas CPU setiap startup program


  4. Simpan antrian (sequence) StartupDelayer (Sequence > Save)
Perubahan waktu booting menggunakan StartupDelayer dapat dilihat dengan cara melakukan restart komputer. Untuk mendapatkan hasil yg maksimal terkadang anda harus melakukan beberapa kali perubahan setting StartupDelayer diikuti dgn melakukan restart Windows. Setelah mendapatkan hasil yg maksimal, simpanlah sequence StartupDelayer tsb.



Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

0 comments:

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory