17 March 2009

Mengkompres File Secara Online di Internet

Mengkompres sebuah file di komputer mungkin adalah salah satu hal yang biasa kita lakukan. Beberapa software kompresi file yang terkenal diantaranya Winrar dan Winzip.

Di internet, kita juga dapat menjumpai beberapa website yang menyediakan layanan kompresi file secara online. Hal ini tentu saja dapat membantu pengguna internet yang ingin mengkompres sebuah file tetapi tidak mempunyai software kompresi file pada komputer yang dipakai untuk berinternet tersebut. Beberapa website yang menyediakan layanan kompres file secara online tersebut antara lain adalah :

ZipMyFile
File yang akan dikompres di ZipMyFile harus diupload terlebih dahulu dari komputer ke server ZipMyFile. Setelah itu file tersebut dikompres menjadi format ZIP. ZipMyFile kemudian akan memberikan sebuah download link dari file yang telah dikompres.

Sebagai percobaan, saya mencoba mengupload sebuah file text berukuran 15.5KB dan dihasilkan file terkompresi berukuran 198 byte. Hasil ini kurang lebih seperti yang disebutkan pada web tersebut, yang mampu mengkompres file sampai 70% lebih kecil dari ukuran aslinya.

Sayangnya, ZipMyFile tidak menyebutkan mekanisme penghapusan file yang sudah diupload oleh penggunanya. Selain itu pula tidak ada informasi mengenai batasan format dan besar file yang dapat diupload/kompres.

FileStomp
Hampir sama dengan ZipMyFile, layanan kompres online dari FileStomp juga mengkompres file yang diupload ke server FileStomp ke dalam bentuk format ZIP. Namun, file yang diupload harus lebih dari satu.

Sebagai percobaan, untuk 2 buah file text dgn total ukuran sebesar 31 KB yang diupload ke server FileStomp menghasilkan sebuah file ZIP sebesar 641 bytes, atau kira2 50% ukuran aslinya.

Sama seperti ZipMyFile, FileStomp juga tidak menyebutkan mekanisme penghapusan file yang sudah diupload oleh penggunanya. Batasan format dan ukuran file yang dapat diupload juga tidak ada. Namun, FileStomp tidak mengijinkan penggunanya untuk mengupload file2 yang melanggar ToS (terms of service) mereka.

KrunchIt
Fasilitas yang ditawarkan oleh KrunchIt lebih baik daripada 2 layanan di atas. Selain dapat mengupload file dari komputer sendiri, pengguna KrunchIt juga dapat melakukan remote upload dari website lain ke server KrunchIt.

File yang dapat diupload, maksimal, berjumlah 10 buah dengan total ukuran sebesar 100MB dan dapat dikompres ke dalam satu file kompresi dengan 2 format pilihan, yaitu zip dan gzip.

File yang sudah dikompres di server KrunchIt dapat disimpan selama 24 jam dan juga dapat diekstrak secara online untuk melihat isinya. Namun, file tersebut juga dapat langsung dihapus, setelah didownload atau dikirimkan ke alamat email, dengan memilih opsi Delete after download.

Sebagai percobaan, saya jg mengupload sebuah file text berukuran 15.5KB dan dihasilkan file terkompresi berukuran 262 byte atau kira2 70% ukuran aslinya.


Bookmark and Share
PERHATIAN :
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Cantumkan link berikut jika Anda menulis ulang sebagian/seluruh isi artikel ini pada blog/website Anda

1 comments:

Freeware said...

Perlu dicoba nih pak, thanks infonya.

Post a Comment

Blog Followers

Blog Directory